Assalamu'alaikum...

Kamis, 02 Desember 2010

Pola Makan yang Optimal


Makan dengan sehat, seperi yang ditunjukan di berbagai studi. Tapi, dalam hal ini hanya sedikit yang berhubungan dengan daftar bahan-bahan makanan dibandingkan dengan sebuah tren kearah pola makan yang pintar. Setiap zat makanan yang dimasukkan kedalam tubuh akan meningkatkan kinerja tubuh, menghindarkan dari penyakit dan menghanba sel dalam [proses penuaan. Pola makan yang pintar adalah kebalikan dari bunuh diri dengan sendok dan garpu.

Kebiasaan makan, rasa nyaman yang penuh stress turut memegang peranan kalau menu makanan di kebanyakan rumah tangga jauh dari pola makan ideal dan pintar. Untuk sebuah proses meabolisme yang optimal, kita membutuhkan berbagai macam zat makanan padat. Bahan-bahan makanan kita harus cukup mengandung zat-zat vital (bukan kalori). Kebanyakan justru malah kebalikannya, pizza siap saji hanya mengandung sdikit vitamin, tetapi lebih banyak mengandung lemak dan kalori. Gani makanan tersebut atau snack lain dengan produk dari ikan, jus buah atau jus sayuran.
Tapi, anda juga jangan menjadi seorang yang fanatic dengan makanan mentah karena hidangan ini akan membebani kinerja organ pencernaan. Makanan yang sudah di masak kadang-kadang lebih sehat. Penelitian membuktikan bahwa betacarotin (terdapat dalam wortel, marilla dan brokoli) dan lycopen (terdapat dalam tomat)akan diserap tubuh lebih jika sebelumnya di hancurkan atau di masak terlebih dahulu. Anda juga bisa menikmati spageti dengan saus tomat buatan atau saus botol.Jangan masak sayuran sampai matang melainkan hanya dikukus.
Pada pola makan sepihak, selalu saja terdapat bahaya karena tubuh tidak memperoleh semua zat-zat vital yang di perlukan. Buah-buahan dan sayuran mengandung ribuan substansi bioaktif yang sampai sekarang sebagian belum sepenuhnya diteliti. Tidak ada satu pun bahan makanan yang bisa memberikan segalanya bagi tubuh kita. Pola makan ideal modern adalah 60% mengandung zat-zat kompleks seperti karbohidrat dan masing-masing 20% terdiri atas lemak dan protein.
Tips makan sehat: Tuliskan apa saja yang akan anda makan selama satu minggu penuh. Dan pikirkanlah, apakah anda bisa mengganti beberapa bahan makanan dengan alternative lain yang lebih sehat. Cobalah makan buah-buahan dan sayuran selama satu minggu dengan penuh kesadaran. Hindari makanan yang diawetkan, makanan siap saji dan semua produk sosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar